20 Desain Kamar Tidur Minimalis Ukuran 3×4



Contoh Model Desain Kamar Tidur Minimalis Ukuran 3×4. Bagaimana Anda mendesain kamar tidur minimalis Anda? Mendesain adalah suatu hal menyenangkan yang juga bisa membuat Anda lebih bersemangat untuk lebih kreatif dalam membentuk suatu desain kamar tidur berdasarkan ide Anda sendiri.

Kamar tidur minimalis adalah ruangan pribadi yang membutuhkan sentuhan pribadi Anda pula lewat ide desain yang unik. Biasanya, Anda harus membuat sebuah rancangan terlebih dahulu, contohnya dimana Anda akan menata tempat tidur beserta dengan perabotannya, gaya apa yang Anda inginkan untuk kamar tidur Anda, dan bagaimana dekorasi yang Anda tentukan bisa berguna untuk keseluruhan interior dalam rumah Anda.

Memilih sebuah gaya desain untuk kamar tidur adalah hal yang penting karena membutuhkan karakter yang jelas dan kuat. Desain kamar tidur minimalis juga membutuhkan bahan-bahan desain yang bagus, terutama di bagian-bagian kamar yang terpenting, contohnya tempat tidur. Pemilihan bahan yang tepat akan membuat hasil desain Anda sempurna.


Kamar tidur minimalis tidak hanya menjadi sebuah tantangan yang perlu Anda hadapi, tapi juga kesempatan Anda untuk belajar tentang desain ruangan lebih jauh, sehingga Anda bisa mendesain semua ruangan di rumah Anda secara mandiri. Kamar tidur minimalis dibuat dengan berbagai ukuran, salah satu ukuran kamar tidur minimalis yang banyak orang miliki adalah kamar tidur minimalis ukuran 3×4.


Contoh Model Gambar Kamar Tidur Minimalis Ukuran 3×4


Desain Kamar Tidur Minimalis Ukuran 3×4






















Kamar tidur minimalis ukuran 3×4 menunjukkan bahwa kamar tersebut mempunyai ukuran 3 meter kali 4 meter. Ukuran yang jelas tentunya akan semakin memudahlan Anda untuk menyesuaikannya dengan desain kamar tidur, khususnya desain dan ukuran perabotan kamar tidur. Untuk lebih jelasnya, Anda bisa menyimak 5 cara mendesain kamar tidur minimalis ukuran 3×4 berikut ini.

5 Cara Desain Kamar Tidur Minimalis Ukuran 3×4


1. Tentukan ukuran tempat tidur yang pas
Pastikan ukuran tempat tidur Anda lebih ramping atau setidaknya kurang dari ukuran kamar tidur Anda secara keseluruhan. Pilih tempat tidur yang fleksibel. Perlu Anda ketahui bahwa desain tempat tidur sekarang, terutama untuk kerangkanya, tersedia dengan desain yang bisa dilipat, contohnya adalah sofa yang bisa diubah bentuk tempat tidur dan sebaliknya. Tempat tidur jenis ini adalah tempat tidur yang bisa memberikan Anda ruang bebas untuk bergerak di dalam kamar.

2. Pilih perabotan kamar tidur minimalis
Perabotan kamar tidur minimalis seperti lemari juga tersedia dengan ukuran yang pas untuk ukuran kamar tidur minimalis 3×4. Sesuaikan perabotan Anda dengan kebutuhan di dalam kamar tidur. Jika Anda memang tidak memerlukan lemari pakaian yang besar, maka Anda tidak memerlukan untuk menaruh sebuah lemari besar di dalam kamar tidur minimalis Anda. Kebutuhan yang utama, dan selanjutnya Anda bisa mengembangkannya di kemudian hari berdasarkan situasi dan kondisi kamar.

3. Posisikan perabotan kamar tidur dengan tepat
Tempat tidur di pojok ruangan, lemari kamar tidur yang diletakkan menempel dengan tembok, dan meja kamar yang berada di ujung ruangan merupakan hal-hal yang bisa Anda terapkan untuk penempatan perabotan yang pas. Hal ini penting untuk dilakukan karena kamar tidur minimalis juga membutuhkan ruangan lebih yang bisa digunakan untuk tujuan lainnya, seperti area belajar dan area bermain.

4. Cek sirkulasi udara di dalam kamar tidur
Kamar tidur minimalis dengan ukuran 3×4 dan jenis kamar tidur minimalisnya biasanya tidak terlalu memiliki sirkulasi udara yang baik dikarenakan ruangan yang kecil, sehingga udara di dalam kamar tidak bisa berganti dengan teratur. Cek sirkulasi udara di dalam kamar tidur dengan memperhatikan jendela dan ventilasi lainnya yang ada di dalam kamar. Anda bisa membuka jendela kamar tidur minimalis Anda setiap pagi agar udara pagi yang sehat dapat masuk.


5. Gunakan sedikit barang
Jangan menumpuk semua barang Anda di dalam kamar tidur. Lakukan penyortiran setiap hari untuk memeriksa barang-barang yang masih dipakai dan barang-barang yang tidak Anda gunakan lagi. Contohnya pakaian. Pakaian yang layak pakai namun tidak Anda gunakan lagi bisa Anda sumbangkan ke pihak yang membutuhkan. Pihak yang membutuhkan akan tertolong karena Anda, dan Anda pun akan tertolong dengan memiliki lemari pakaian yang sedikit lega.




Desain apa yang cocok untuk kamar tidur saya?

Gaya Modern
Gunakan furnitur kayu alami
Gunakan jendela kaca yang lebar
Pilih warna terang, terutama putih karena membantu untuk membuat ruangan tampak lebih luas dan segar.   
Gaya Asia 
Gunakan pot bergaya oriental dengan bunga mawar atau anggrek.
Tampilkan beberapa karya seni, seperti kotak perhiasan antik
Letakkan bantal dan selimut satin atau sutra bermotif   
Gaya Jepang
Tema warna biasanya coklat, hitam atau beige
Tambahkan satu karya seni atau furnitur berbahan kayu, bambu
Gunakan lantai kayu   
Gaya Industrial 
Pasang tembok bata
Gunakan furnitur dan dekorasi berbahan besi yang dipoles dan plastik yang berdesain minimalis
Pasang karya seni yang berani dengan warna berani dan bentuk unik.   
Gaya Rustic 
Dinding dan langit-langit dari batu kasar atau balok kayu
Tempatkan furnitur tua bergaya antik, bantal berbordir, kotak penyimpanan kulit.
Furnitur sebaiknya memiliki finishing kasar.
Gunakan ranting pohon besar sebagai dekorasi kepala tempat tidur/headboard
Pasang lampu chandelier

Bagaimana cara mengatur interior kamar tidur?

Ukuran kecil/di bawah 9 meter persegi:  
Cara termudah untuk menghemat ruang adalah dengan menggunakan tempat tidur bertingkat yang menyisakan banyak ruang dibawahnya untuk furnitur lain. Alternatif lain adalah tempat tidur lipat atau menyisakan ruang di bawah tempat tidur untuk laci penyimpanan. Setelah menempatkan furnitur-furnitur terpenting maka anda dapat meninjau berapa banyak ruang yang ada untuk menempatkan lemari pakaian, meja dan kursi serta dekorasi.   
Ukuran sedang & besar/diatas 10 meter persegi:   
Relatif bebas untuk menentukan penempatan tempat tidur, lemari pakaian, meja studi dengan kursi, rak buku dikombinasikan dengan sofa. Misalnya anda ingin ruang lebih untuk furnitur lain namun tetap mengutamakan privasi, maka anda dapat menempatkan partisi geser di sekitar tempat tidur atau sekedar tirai. Salah satu tips terpenting adalah jangan menutup sumber cahaya. Menempatkan tempat tidur di sebelah jendela dapat jadi ide buruk atau baik, tergantung dari arah dimana jendela dibangun. Jika menghadap ke timur, maka ada kemungkinan anda akan terbangun dengan silaunya cahaya matahari pagi dan merasa kurang nyaman. Secara umum, posisikan furnitur sesuai fungsi. Misalnya jika anda suka membaca maka tempatkan meja atau rak kecil di dekat tempat tidur untuk menempatkan buku dan kacamata baca anda agar lebih nyaman dan praktis.

Bagaimana cara membuat kamar tidur kecil terasa lebih luas?

Ubah warna cat: seringkali anda mengira warna krem dapat membuat ruang berkesan lebih lapang, tapi sesungguhnya warna putih lebih efektif untuk memberikan kesan lega.
Pilih furnitur sederhana dan berwarna netral
Letakkan cermin besar untuk memberikan ilusi ruang lebih lapang
Hilangkan sekat dalam ruang

Warna cat apa yang sebaiknya saya pilih untuk kamar tidur?

1. Biru
Pilih warna royal blue untuk kesan elegan. Cocokkan dengan furnitur dan sprei/bed cover berwarna putih.   
2. Cokelat  
Tak disangka, cokelat adalah salah satu warna yang paling dipilih untuk dinding kamar tidur karena memberikan nuansa hangat dan nyaman. Padukan dengan warna oranye lembut untuk menghasilkan efek maksimal.   
3. Ungu  
Ungu muda atau lavender juga masih populer karena selain cantik juga lebih fleksibel untuk ditata sesuka hati.   
4. Salmon  
Warna ini dijamin akan dapat memperbaiki mood anda dan membuat ruangan itu sendiri jadi lebih berwarna.     
5. Putih/beige   
Warna ini juga sering dipilih karena memberikan kesan bersih dan tenang. Namun jangan lupa menambahkan beberapa aksen warna agar tidak terlalu monoton.

Bagaimana mengatur kamar tidur sesuai feng shui?

1. Lokasi dan arah pintu
Pintu sebaiknya tidak diposisikan bertolak belakang dengan pintu dapur, kamar mandi ataupun berhadapan dengan pintu utama rumah.
2. Warna cat   
Sebaiknya pilih warna kalem seperti biru pucat atau hijau. Tetapi untuk pasangan baru misalnya, warna pink tidak disarankan karena cenderung memberikan efek emosional.   
3. Lokasi tempat tidur 
Kamar tidur adalah ruang yang membutuhkan privasi tertinggi di dalam rumah. Maka sebaiknya tempat tidur ditempatkan jauh dari pintu. Selain itu sebaiknya juga tidak ditempatkan di depan pintu karena akan membawa sial. Posisi dimana tempat tidur ditempatkan sebaiknya memungkinkan anda untuk melihat seisi ruang dengan nyaman karena memberikan perasaan lebih tenang sehingga tidur pun lebih nyenyak.   
Secara umum sebaiknya tempat tidur tidak ditempatkan dekat dengan dinding kamar mandi atau berlawanan dengan pintu kamar mandi karena sistem air yang ada buruk untuk kesehatan, dan dapat menyebabkan masalah ginjal. Berada di posisi seperti ini buruk untuk punggung sehingga kualitas tidur pun akan buruk.     
4.  Arah tempat tidur      
Arahkan dimana ruang keluarga berada jika bisa. Menurut feng shui, kepala tempat tidur sebaiknya tidak menghadap ruang masuk karena ini adalah area dimana banyak orang akan lewat sehingga anda tidak akan dapat tidur dengan tenang sehingga menyebabkan pusing dan lelah. Untuk tambahan privasi sebaiknya pasang korden   
5. Lampu tidur   
Banyak pemilik rumah ingin mendekorasi kamar tidur dengan chandelier cantik. Namun menurut feng shui hal ini bukan ide yang baik karena anda akan cepat mengantuk dan merasa kurang nyaman. Feng shui menyarankan anda untuk memilih lampu yang cukup untuk menerangi seluruh ruangan.   
6. Cermin/Kaca   
Sebaiknya tidak meletakkan cermin atau kaca dalam posisi berhadapan dengan kepala tempat tidur karena akan menyebabkan  narkolepsi sehingga tidur tidak nyenyak. Jika anda ingin tidur anda tetap berkualitas maka posisi terbaik untuk meletakkan cermin atau kaca adalah di sisi tempat tidur.

Bagaimana cara merenovasi kamar tidur dengan biaya murah?

1. Tambahkan tanaman  
Kehadiran tanaman memberikan warna dan kesegaran sendiri, terutama jika anda menambahkan tanaman bunga.   
2. Ganti warna cat  
Cara paling mudah menghadirkan suasana baru pada kamar tidur adalah dengan mengganti warna cat. Warnanya tidak harus polos, dapat juga bermotif atau alternatif lainnya adalah dengan menggunakan kertas dinding.   
3. Tambahkan dekorasi dinding  
Hiasan dinding dapat ditambahkan sebagai penarik perhatian pada ruangan. Ada berbagai pilihan alternatif: lukisan, poster, wall art, dan foto. Hiasan sebaiknya diberikan bingkai cantik yang sesuai dengan dekorasi ruangan lainya namun tetap memiliki keunikan tersendiri.
4. Gunakan dan kombinasikan tekstil   
Bahan kain jadi pilihan yang disarankan jika anda menginginkan kesan ruangan yang lebih hangat dan ramah. Kombinasikan motif dan tekstur berbagai jenis kain yang digunakan di seluruh ruangan (seprei, korden, karpet, dsb) supaya serasi.

Semoga informasi 20 Desain Kamar Tidur Minimalis Ukuran 3×4 sangat bermanfaat bagi anda.


Disclaimer: Gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami disini.
Artikel Terkait
Disqus Comments