15 Desain Interior Ruang Tamu dan Kamar Tidur Rumah Sederhana yang Menawan

Desain Interior Ruang Tamu dan Kamar Tidur Rumah Sederhana yang Menawan. Memiliki desain interior rumah kecil yang dirancang dengan hebat dan ditata secara fantastis adalah impian setiap orang. Namun, orang sering kali salah paham dengan menyatakan bahwa desain interior hanya membuang-buang uang saja karena rumah kecil tidak terlalu membutuhkan desain interior yang terlalu rumit. Faktanya adalah sebaliknya. Anda selalu dapat memilih ide desain interior murah, sederhana, namun menawan tanpa mengeluarkan banyak biaya dan menyebabkan masalah pada anggaran Anda.

Apakah desain interior?

Desain interior adalah sebuah proses pengalaman ruang untuk menemukan solusi desain kreatif dalam menciptakan ruang-ruang fungsional di lingkungan interior yang mendukung kesehatan, keselamatan dan kesejahteraan sang penghuni serta meningkatkan kualitas hidup mereka.




Desain interior mencakup berbagai komponen seperti pengembangan konseptual, sketsa ide-ide, perencanaan ruang, peninjauan lokasi, pemrograman, riset, komunikasi dengan pemangku kepentingan sebuah proyek, manajemen konstruksi, dan pelaksanaan desain.

Dengan mematuhi berbagai metode yang sistematis dan terkoordinasi termasuk riset, analisis, dan perpaduan keterampilan dan pengetahuan teknis yang luas ke dalam proses kreatif, desain interior murah tetap bisa menyatukan berbagai komponen tersebut agar kebutuhan dan sumber daya klien terpenuhi untuk menciptakan interior yang memenuhi tujuan proyek.

Desain interior rumah sederhana: Kreativitas & Ekonomis

Terlepas dari gaya yang akan Anda pilih untuk desain interior rumah kecil Anda, pekerjaan ini tidak akan lengkap sampai Anda menambahkan beberapa aksen dan titik fokus yang ingin Anda tonjolkan. Untuk itu, Anda bisa mengadopsi segala macam strategi. Bahkan, dengan biaya minim pun Anda tetap bisa memiliki desain interior rumah sederhana yang unik dan orisinil. Berikut adalah solusi kreatif desain interior murah untuk ruang tamu dan kamar tidur yang sangat mudah Anda terapkan.

1. Teori warna



Keputusan tersulit ketika menata desain interior rumah kecil adalah warna apa yang tepat untuk sebuah ruang. Ini adalah salah satu cara paling murah dan termudah yang dapat Anda lakukan untuk mengganti tampilan sebuah ruangan agar terlihat lebih segar dan mampu mengubah suasana hati. Selain memberikan kenyamanan dan kemewahan dalam sebuah ruangan, dinding warna netral seperti abu-abu muda, beige, krem, dan sebagainya paling cocok untuk setiap musim. Anda bisa memadukannya dengan warna lain dalam satu ruangan.



2. Nuansa dinamis



Tentu saja, warna adalah cara yang sangat sederhana untuk menciptakan gaya pop. Jadi, jika Anda ingin mengubah suasana di rumah Anda dan membuatnya lebih dinamis dan bersemangat, pilihlah warna-warna berani. Kombinasikan dengan warna-warna furnitur dan buatlah ide baru. Beri campuran nuansa yang berbeda dan gunakan pola dan tekstur yang berbeda untuk membuatnya lebih menonjol seperti pada desain interior ruang tamu berikut ini.

3. Karya seni kreasi sendiri



Cara lain untuk menambahkan beberapa aksen pada desain interior rumah sederhana adalah menciptakan karya seni kreasi Anda sendiri, meskipun hanya sketsa simpel. Cara ini akan membuat ruangan terasa lebih personal dan intim. Anda dapat menambahkan sesuatu yang mewakili kepribadian Anda dalam dekorasi ruangan ini, misalnya dengan menempelkan dekorasi pola mozaik buatan sendiri atau sarung kursi ottoman dari kain perca warna-warni.

4. Kanvas berpola



Buatlah kanvas berpola khusus untuk dipajang di dinding. Anda bisa menggunakan template dari kardus, sketsa freehand, atau sesuatu yang sedikit lebih artistik seperti dalam gambar di bawah ini. Biarkan bakat seni Anda berbicara.

5. Pajang koleksi



Terkadang cara bagus untuk menghemat uang adalah menggunakan apa yang sudah Anda miliki. Jadi, Anda bisa menata desain interior rumah sederhana dengan memajang barang-barang koleksi Anda, bisa berupa apa saja mulai dari koleksi perangko sampai koin kuno dan buku tua. Gunakan rak-rak tempel jenis konsol untuk memajang koleksi Anda.


6. Solusi headboard


Tidak semua kamar tidur memiliki ruang yang diperlukan untuk headboard. Bahkan, jika kamarnya cukup besar, headboard bisa sangat mahal. Tetapi, headboard tidak hanya menyiratkan kenyamanan, namun juga tentang gaya dan efek yang diciptakannya dalam ruangan. Jadi, Anda bisa menciptakan efek itu dengan menggunakan metode lain yang lebih hemat, misalnya dengan memasang stiker dinding atau melukis headboard dengan gaya Anda sendiri.


7. Cermin berbingkai


Selain membuat ruangan tampak lebih lapang, cermin memiliki banyak fungsi dalam ruangan. Cermin juga merupakan solusi desain interior murah dan fleksibilitasnya memungkinkan cermin untuk digunakan di hampir semua ruangan. Dengan bingkai yang indah, maka cermin pun bisa menjadi karya seni indah.


8. ‘Mix’ tetapi jangan ‘match’

Pola pada umumnya adalah cara menciptakan focal point dalam ruangan. Pola biasanya digunakan pada aksen, tetapi juga bisa dicampur dan digunakan secara luas dalam desain interior rumah sederhana. Misal, kamar tidur ini memiliki banyak pola dan warna. Meski sangat berbeda, kamar ini berinteraksi dengan indah.

9. Buatlah galeri keluarga

Cara lain untuk menonjolkan kepribadian Anda dalam desain interior rumah sederhana adalah dengan memajang foto-foto berbingkai. Misal, Anda bisa membuat galeri keluarga khusus dengan menampilkan foto semua anggota keluarga di ruang tamu. Anda juga bisa menggunakan ide yang sama untuk ruangan lain agar lebih mengundang dan nyaman.


10. Proyek DIY

Terkadang Anda merasa perlu mengubah dekorasi ruangan Anda dan menambahkan sesuatu yang segar dan baru. Untuk desain interior murah, Anda tidak perlu membeli perabot baru, namun bisa membuatnya sendiri secara kreatif. Selain perasaan senang karena membuat hasil karya tangan sendiri dari daur ulang berbagai perabot, proyek DIY (Do-It-Yourself) adalah cara murah untuk menghias ruangan Anda. Jangan takut bereksperimen.


11. Tumpukan bantal

Desain interior ruang tamu Anda tampak membosankan? Tidak ada yang lebih nyaman selain dari setumpuk bantal empuk pada sofa Anda. Kumpulkan bantal dari yang ada di rumah Anda dan aturlah pada sofa Anda. Pilihlah bantal yang memiliki pola dan bentuk berbeda dalam aneka warna komplementer untuk tampilan yang tidak serasi, namun dinamis.



12. Aksen tirai

Untuk desain interior rumah kecil dengan plafon rendah, window treatment ini dapat ditempatkan secara strategis. Buatlah ruangan tampak lebih tinggi dengan memasang tirai setinggi plafon.

Jadi, sekarang Anda bisa melihat bahwa tidak butuh banyak biaya untuk menciptakan tampilan desain interior rumah kecil yang mahal. Ikuti saja tip dan trik tersebut di atas, maka Anda juga bisa memiliki desain interior yang menawan dengan anggaran minim.

Bagaimana Anda menata ulang desain interior rumah kecil Anda?

Desain Rumah Minimalis

Previous
Next Post »

Artikel Terbaru Desain Rumah